welcome

Selasa, 18 Agustus 2009

susu mbe

Susu Kambing Vs Susu Sapi


Pernah mengonsumsi susu sapi ???
Tentunya indera pengecap kita sudah sering merasakan nikmatnya susu sapi. Namun, bagaimana halnya dengan susu kambing ??? mungkin hanya segelintir orang yang sudah pernah mengonsumsinya. Padahal para tokoh terdahulu seperti Rasulullah SAW, Ratu Cleopatra, dan Mahatma Gandhi sudah mulai mengonsumsi susu kambing.
Saat ini susu kambing memang tidak sepopuler susu sapi. Masyarakat pada umumya lebih mengenal dan mengonsumsi susu sapi dibandingkan dengan susu kambing. Padahal susu kambing kaya akan kandungan gizi dan zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti zat besi, kalsium, lemak, dan sebagainya.
Kandungan gizi susu kambing lebih banyak dari pada susu sapi, bahkan hampir setara dengan ASI (Air Susu Ibu). Tidak hanya itu, susu kambing juga terbukti dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Penyakit-penyakit yang dapat disembuhkan dengan mengonsumsi susu kambing diantaranya penyakit asam urat, thalasemia, flek paru-paru, penyakit tuberculosis (TBC), dan penyakit lainnya. Alasan inilah yang mungkin menyebabkan harga susu kambing jauh lebih mahal dibandingkan dengan susu sapi yaitu sekitar Rp. 30.000 hingga Rp. 40.000 per liter.
Saat ini susu kambing biasa dijual dalam bentuk aneka olahan seperti yoghurt susu kambing, dodol susu kambing, susu bubuk, dan lain-lain. Bahkan, susu kambing sudah dijadikan sebagai bahan dasar dalam pembuatan sabun kecantikan yang berkhasiat untuk mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan noda bekas jerawat, memutihkan wajah dan dapat menghaluskan kulit.
Berbeda dengan susu sapi, susu kambing lebih berbau amis. Namun, bau amis ini dapat dihilangkan dengan mengolah susu kambing terlebih dahulu. Misalnya dengan mencampurkan susu kambing dengan minuman bersoda maupun dengan ramuan herbal.
Nah, sekarang teman-teman Belia sudah tahu kan khasiat dari susu kambing?? Jadi, tidak ada salahnya kalau kita mencoba mengonsumsinya. Selamat mencoba, dan rasakan khasiatnya!!!


joe dari berbagai sumber.
diterbitkan : PR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar